Langsung ke konten utama

Jurus Jitu #AAMK

“Jurus Jitu Atasi Anak Mogok Makan”

Apa sih yang ingin di katakan jika anak kita susah makan?? Pasti akan mengatakan “aduh Nak, kenapa ngga mau makan sih?? Lalu si Inu berlalu menganti dengan susu. Please deh, itu bukan cara yang masa kini loh bunda. Lah, memang salah yaa cara saya?? 

Ya jelas-jelas salah. Menganti asupan. Makan anak dengan susu itu sama saja memberikan anak untuk tidak mendapatkan sumber gizi yang terbaik. Dalam masa pertumbuhan anak di usia 0-3tahun itu butuh sekali asupan gizi yang baik selain ASI. Jika dalam usia 0-6bulan itu perlu ASI full. Namun, jika sudah usia di atas 6bulan maka peu adanya tambahan gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ah, anak daya tetap saja kurus makan banyak???

Iya memang, makan banyak tidak membuat anak cepat gemuk. Tetapi, yang di perlu kan dalam tumbuh adalah kandungan protein dan sumber lainnya. Saya bukan ahli dalam hal gizi tetapi setelah konsultasi terhadap dokter ahli gizi. Mengatakan bahwa anak itu perlu sekali di berikan sumber protein baik itu dari hewani atau nabati. Memang apa sih bedanya???

Jelas sekali berbeda . Sumber protein hewani di dapat dari telur, daging, susu, ikan. Ikan itu banyak sekali sumber proteinnya. Maka berikanlah anak untuk mengkonsumsinya. Agar otak pintar dan memenuhi kualitas dalam tumbuh kembang. Sedangkan untuk protein nabati bisa di dapat dari kacang seperti kedelai, kacang Ijo, dll bisa juga di modifikasi dengan yang lain. Lantas bagaimana membuat anak menjadi senang makan. Bukan anak menjadi susah makan??? Ada loh caranya bu ibu, variasikan menu makan mereka.

Sekarang itu kan serba instan yaa. Tetapi makan-makanan instan itu tidak baik juga untuk anak. Lebih baik sih makanan itu di kreasikan sendiri oleh tangan kita. Betul ngga sih?? Kalo saya pribadi sih setuju banget. Makan itu harus di variasikan tidak harus di buat yang tidak menarik. Tipsnya akan saya bagi di sini. Silahkan di simak 3 tipe ini supaya kita sama-sama Instrospeksi.

Pertama, lakukan menu selang-seling. Jika pada pagi hari bunda sudah memberikan asupan makan berupa karbohidrat dan protein. Maka alangkah baiknya jika siang hari kita kasih menu yang berbeda misalnya cemilan yang di isi dengan karbohidrat sayuran dan protein. Dalam hal ini karbohidrat tidak hanya beras ya. Banyak sekali sumber karbohidrat.
Note: karbohidrat, kalsium, protein hewani dan nabati ada di dalamnya. Tak lupa juga sayur berupa wortel yang di parut halus. Menu sesimpel ini bisa loh di jadikan variasi unik makan si kecil. Tak harus nasi, sayur, ikan/daging. Menu yang bagus tampilannya juga bisa. Contohnya seperti ini.







Karena menu makanan si kecil jika kita variasikan akan berbentuk unik. Maka anak juga tertarik untuk mencicipinya. Tapi, jangan berharap akan di habiskan semua. Bisa duduk anteng lima menit saja syukur alhamdulilah. Sudah merupakan kodrat si anak balita jika ia ingin bermain. Tetapi, yang di butuhkan adalah konsistensi dan kesabaran. Jika tidak ada kunci kedua itu maka jangan berharap. 

Kedua, langkah yang dilakukan adalah membuat anak nyaman dalam suasana makan. Maka tak heran ibu-ibu lebih senang jika membawa anaknya ke tempat bermain. Supaya anak bisa cepat dalam makan. Teori ini mungkin sudah ada yang membuktikan. Tetapi, tidak untuk anak saya. I  m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jus Buah Dan Sayuran

Hai..assalamualaikum Waktu nya kita sharing tentang kesehatan yuk ah! Siapa yang suka banget jus ?? Semua orang pasti suka banget ya jangan di tanya.  Nah ada sedikit sharing tentang khasiat buah dan sayuran loh! Siapa yang ngga suka sayuran anaknya?? Waaah.. jangan-jangan nanti anaknya mudah sakit loh mom. Yuk kita siasatin bagaimana caranya biar anak mau makan buah dan sayuran. Kita bikin jus aja. Ada resep jus yang di jamin seger banget loh!  Jus mix namanya unik loh !  Jus Orange Seger! Bahan-bahan: 3 tangkai brokoli 1/2 buah pepaya 10 buah anggur 2 buah jeruk  1/2 jeruk lemon  Cara membuat: haluskan semua nya dengan blender tambahkan madu sedikit (tidak pakai juga tidak apa). Saring semuanya dan tambahan perasan air jeruk dan jeruk lemon. Tambahan es batu.  Siapa yang tau khasiat brokoli dalam tubuh banyak banget loh. Ngga percaya nih buktinya  Pertama, Bagus untuk kesehatan Brokoli di percaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Kehilangan Moment Idul Fitri

 Allahuakbar..Allahuakbar.... kumandang takbir bergema di seluruh penjuru negeri. Sehingga tahun ini tidak mengikuti sholat berjamaah di masjid lagi karena pandemi, sejak wabah covid merebak saya menutup diri untuk ke masjid. Karena, khawatir anak-anak menjadi tidak khusyuk dalam sholat nya. Namun, ada kebagaian tersendiri ketika harus bersama anak-anak di rumah, berkumpul dan bermain. Di lebaran tahun ini saya juga menyiapkan seragam yang sama dengan anak-anak. Menyesuaikan warna baju mereka adalah hal yang sulit sebab, sudah habis terjual di online shop. Menunggu lama akhirnya beli yang instan di toko sebelah. Yang penting warna dan ukuran baju anak-anak tersedia sudah cukup. Tinggal saya dan suami yang mencari kembali.  Sebenarnya makna lebaran Idul fitri tidak harus serba baru. Tetapi, sesekali menyesuaikan dengan anak-anak tidak ada salahnya. Toh, ini mumpung ada warna dan ukuran bajunya. Dan alhamdulilah mereka suka berhijab, warna yang kamu pilih biru Navy. Agak gelap tetapi men

Apa Itu Thumbnail YouTube ??

Hai... hai... assalamualaikum Thumbnail YouTube ada yang pernah denger??  Klo memang belum yuk baca. Jangan sampai  penasaran apa yang di maksud dengan Thumbnail YouTube ?? Etsss.. tenang aja semua akan di bahas di blog ini. So, jangan berhenti membaca dulu yaaa.. Jadi begini, setiap para vloger akan membuat tampilan Thumbnail  semenarik mungkin gunanya adalah supaya para penikmat YouTube tertarik. Terus apa aja sih yang harus di lihat dari Thumbnail  itu sendiri?? Thumbnail  jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti  “kuku bagian ibu jari”  . Dan jika di artinya dalam filosofinya adalah sebuah price gambar di mana gambar tersebut akan mewakili beberapa isinya. Ini contoh tampilan Thumbnail  dari YouTube pribadi saya. Jangan lupa di like & subcribe “Krucil’s Vlog”. Terus kapan dan berapa lama bikin Thumbnail  begini keren?? Lumayan ya lama sih cuma kalo kita sabar dan teliti cepet kok. Maaf yaa Thumbnail  YouTube sangat sederhana sekali