Langsung ke konten utama

Jurus Jitu #AAMK

“Jurus Jitu Atasi Anak Mogok Makan”

Apa sih yang ingin di katakan jika anak kita susah makan?? Pasti akan mengatakan “aduh Nak, kenapa ngga mau makan sih?? Lalu si Inu berlalu menganti dengan susu. Please deh, itu bukan cara yang masa kini loh bunda. Lah, memang salah yaa cara saya?? 

Ya jelas-jelas salah. Menganti asupan. Makan anak dengan susu itu sama saja memberikan anak untuk tidak mendapatkan sumber gizi yang terbaik. Dalam masa pertumbuhan anak di usia 0-3tahun itu butuh sekali asupan gizi yang baik selain ASI. Jika dalam usia 0-6bulan itu perlu ASI full. Namun, jika sudah usia di atas 6bulan maka peu adanya tambahan gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ah, anak daya tetap saja kurus makan banyak???

Iya memang, makan banyak tidak membuat anak cepat gemuk. Tetapi, yang di perlu kan dalam tumbuh adalah kandungan protein dan sumber lainnya. Saya bukan ahli dalam hal gizi tetapi setelah konsultasi terhadap dokter ahli gizi. Mengatakan bahwa anak itu perlu sekali di berikan sumber protein baik itu dari hewani atau nabati. Memang apa sih bedanya???

Jelas sekali berbeda . Sumber protein hewani di dapat dari telur, daging, susu, ikan. Ikan itu banyak sekali sumber proteinnya. Maka berikanlah anak untuk mengkonsumsinya. Agar otak pintar dan memenuhi kualitas dalam tumbuh kembang. Sedangkan untuk protein nabati bisa di dapat dari kacang seperti kedelai, kacang Ijo, dll bisa juga di modifikasi dengan yang lain. Lantas bagaimana membuat anak menjadi senang makan. Bukan anak menjadi susah makan??? Ada loh caranya bu ibu, variasikan menu makan mereka.

Sekarang itu kan serba instan yaa. Tetapi makan-makanan instan itu tidak baik juga untuk anak. Lebih baik sih makanan itu di kreasikan sendiri oleh tangan kita. Betul ngga sih?? Kalo saya pribadi sih setuju banget. Makan itu harus di variasikan tidak harus di buat yang tidak menarik. Tipsnya akan saya bagi di sini. Silahkan di simak 3 tipe ini supaya kita sama-sama Instrospeksi.

Pertama, lakukan menu selang-seling. Jika pada pagi hari bunda sudah memberikan asupan makan berupa karbohidrat dan protein. Maka alangkah baiknya jika siang hari kita kasih menu yang berbeda misalnya cemilan yang di isi dengan karbohidrat sayuran dan protein. Dalam hal ini karbohidrat tidak hanya beras ya. Banyak sekali sumber karbohidrat.
Note: karbohidrat, kalsium, protein hewani dan nabati ada di dalamnya. Tak lupa juga sayur berupa wortel yang di parut halus. Menu sesimpel ini bisa loh di jadikan variasi unik makan si kecil. Tak harus nasi, sayur, ikan/daging. Menu yang bagus tampilannya juga bisa. Contohnya seperti ini.







Karena menu makanan si kecil jika kita variasikan akan berbentuk unik. Maka anak juga tertarik untuk mencicipinya. Tapi, jangan berharap akan di habiskan semua. Bisa duduk anteng lima menit saja syukur alhamdulilah. Sudah merupakan kodrat si anak balita jika ia ingin bermain. Tetapi, yang di butuhkan adalah konsistensi dan kesabaran. Jika tidak ada kunci kedua itu maka jangan berharap. 

Kedua, langkah yang dilakukan adalah membuat anak nyaman dalam suasana makan. Maka tak heran ibu-ibu lebih senang jika membawa anaknya ke tempat bermain. Supaya anak bisa cepat dalam makan. Teori ini mungkin sudah ada yang membuktikan. Tetapi, tidak untuk anak saya. I  m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Thumbnail YouTube ??

Hai... hai... assalamualaikum

Thumbnail YouTube ada yang pernah denger?? 

Klo memang belum yuk baca. Jangan sampai  penasaran apa yang di maksud dengan Thumbnail YouTube ??


Etsss.. tenang aja semua akan di bahas di blog ini. So, jangan berhenti membaca dulu yaaa..
Jadi begini, setiap para vloger akan membuat tampilan Thumbnail  semenarik mungkin gunanya adalah supaya para penikmat YouTube tertarik.

Terus apa aja sih yang harus di lihat dari Thumbnail  itu sendiri??



Thumbnail  jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti  “kuku bagian ibu jari”  .
Dan jika di artinya dalam filosofinya adalah sebuah price gambar di mana gambar tersebut akan mewakili beberapa isinya.



Ini contoh tampilan Thumbnail  dari YouTube pribadi saya. Jangan lupa di like & subcribe “Krucil’s Vlog”. Terus kapan dan berapa lama bikin Thumbnail  begini keren??




Lumayan ya lama sih cuma kalo kita sabar dan teliti cepet kok. Maaf yaa Thumbnail YouTube sangat sederhana sekali. Semoga dengan penjelasan sedikit in…

Gadis kecilku. GITA

Bubu.. mba Gita mau jaga adek Gladysia
Bubu.. mba Gita mau Bobo sama Ade Gladysia


Celotehan mu membuat bubu meleleh. Dan kini kamu sudah besar. Di usia belum genap dua tahun. Terpaksa bubu harus menyapih mba Gita. Sedih dan penuh dengan haru. Itulah mengapa mba Gita lebih pengertian. Menjaga dan menyanyangi adenya. Si gadis kecilku kini ulang tahun. Tiga tahun yang lalu di mana masih terasa rasa sakit melahirkanmu nak.

Perjuangan bubu melahirkan mba Gita adalah hal yang sangat luar biasa. Di mana seorang wanita di uji dengan penuh kesabaran. Tak pernah terbersit dalam pikiran bubu untuk bisa merasakan sakit dua kali. Rasa sakit ketika melahirkan itu merupakan sebuah kematian yang membuat bubu tak kuat merasakannya. Namun, bubu pasrah demi bertemu dengan mba gita.



Di balut dengan dress peach dan mahkota. Kini pesta ulang tahun berlangsung biasa hanya ada bubu, ayah dan kini Ade Gladysia. Dia yang menjadi saksi di mana mba Gita ketika usia 2 tahun tak menemani. Ade Gladysia menjadi tema…

Jalan keluar yuk!

Siapa yang sudah mulai suntuk dan bosan di rumah terus??


Semua orang berhak berkata seperti itu sih, tetapi kita harus sadar akan resiko yang di hadapi. Walaupun di luar tetap jaga kebersihan ya manS semua.


Sudah dengar belum tentang hastag #newnormal??
sebenarnya apa sih yang terjadi di Indonesia ini??

Ada yang tau ngga?

Nah jadi ini  pemerintah sebentar lagi akan membuka semua akses yang tadinya di tutup untuk kembali menjadi kebiasaan yang awal.

Hmm.. maksudnya gimana sih?? Ngga ngerti!!

Tunggu dulu yaa biar di jelaskan dulu nih. 
Jadi, apa yang terjadi di Indonesia selama ini terhadap virus covid-19 ini di lockdwon. Setiap akses Berpergian kita di larang. Itu sebabnya kenapa kita semua harus mengikuti apa yang di lakukan pemerintah harus di ikuti.  Semua kan demi kita juga loh. Nah, kembali ke new normal yang akan di jadikan tajuk pembahasan warga Indonesia. Jadi dengan tema kembali ke awal bukan berarti virus ini pergi loh. Tetapi bisa saja virus ini akan merajalela jika pola hidu…