Langsung ke konten utama

Jelajah Kalimantan #part1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 25 Juli 2019

Siapa sih yang tak suka jalan?? Apalagi jika itu menjelajahi bumi Indonesia. Saya rasa sih semua suka begitu yang saya rasakan. Berkesempatan bisa menginjakkan di bumi Kalimantan.Empat hari tiga malam radanya belum cukup untuk mengunjunginya. Ada beberapa tempat wisata yang sangat seru. Salah satu nya adalah menyusuri sungai hingga ke Barito. Siapa yang penasaran dengan sensasi di atas perahu. Ya, untuk menuju ke sana di butuhkan waktu 3 jam perjalanan pulang pergi.


Dan di sana kalian bisa loh sewa paket wisata “perahu kelotok”. Itu alat transportasi yang masih di gunakan masyarakat Kalimantan. Bahkan kalian bisa menjelajahi bagaimana kehidupan mereka di sana. Tarif yang di berikan lumayan murah. Karena, paket perjalanan bisa di tentukan sendiri. Dan kalian bisa carter sehari sebelum berangkat. Khawatir jika nanti kehabisan perahu kelotok yang ada atapnya. Kalau saya saat itu menyusuri beberapa perkampungan Arab, hingga bermuara di sungai Barito untuk tujuan terakhir.

Perahu merupakan alat transportasi yang mereka gunakan hingga kini. Dan ini pertama kalinya saya mencoba sensasi berada di atas perahu. Desiran angin itu meniup daun telinga. Panas yang menyengat menjadi bukti jika Kalimantan ini memiliki panas yang sungguh terlalu. Dan jika kalian semua tau kami berada di perahu itu dapat menyaksikan kehidupan masyarakat di sana. Mulai dari aktivitas anak-anak yang terbiasa berenang di sungai, seorang ibu yang menyuci dengan air sungai, cuci piring, hingga memasak dan menyuci sayurannya. Semua mereka lakukan di sungai yang bermuara di Barito. Sungai Barito terkenal dengan sungai dusun. Atau sungai yang berhulu di pegunungan Schwaner Kalimantan Tengah dengan panjang 909 km.



Ada hal yang sangat unik yang bisa kalian lakukan adalah di temukannya para warung terapung di tengah sungai. Ya, mereka mencari nafkah di tengah sungai berharap dagangannya laris. Jika kita biasanya beli makanan di warung. Dan ini warung nya di tengah sungai, apa saja yang mereka jual?? Banyak sekali loh, mulai dari roti-roti yang menurutnya itu titipan dari orang. Harga yang di berikan cukup murah kalian bisa merogoh uang dengan harga seribu rupiah. Bahkan untuk kalian pecinta kopi, bisa loh mencicipi kopi khas Kalimantan ini. Harganya sama cukup seribu rupiah kalian bisa mencoba sensasi minum kopi di atas perahu kelotok. 


Gambar di atas saya ambil dari Google. Karena, pada saat itu, tidak sempat foto hingga akhirnya terlupakan. Aktivitas masyarakat saat menyusuri sungai sangat sepi. Sebab, saat itu kami menyusuri sungai pada saat siang hari tepatnya pukul dua belas siang. Kesan yang saya rasakan adalah “unik” . Desain rumah nya masih menggunakan kayu Ulin. Kayu yang biasa masyarakat sebut kayu besi. Karena kayu ulin ini memiliki kualitas daya tahan yang lama. Jika bersentuhan dengan air, maka dari itu masyarakat percaya jika rumah akan kuat jika di hantam gelombang pasang sekalipun. Arsitektur rumah nya yang sederhana sehingga mencerminkan khas orang Kalimantan. 


Ini adalah penampakan perahu kelotok yang kami sewa. Untuk menuju hingga ke sungai Barito kami di kenakan biaya carter tiga ratus ribu dengan muatan sepuluh dewasa dan dua anak-anak. Sensasi yang di rasakan ketika gelombang bergerak membuat perahu bergoyang-goyang. Membuat kita menjadi terjaga untuk segera berpegangan pada atap. 


Ini adalah poto saat berada di dalam perahu kelotok. Sensasi yang tak bisa di lupakan desiran angin yang kencang membuat kami seolah di Nina Bobo kan. Begitu juga anak gadisku ini, sejak perahu bergerak tampak ia menurut apa yang di perintahkan. Tak pernah ia bergerak kesana-kemari. Sedikit saran saya jika ini membawa anak untuk menaiki perahu kelotok ini adalah usia satu tahun ke atas. Sebab, daya tahan mereka sudah kuat. Terutama terhadap angin yang begitu menyentuh kulit sehingga membuat orang yang tidak kuat akan merasakan masuk angin. Masih ada beberapa tempat yang ingin di ceritakan tetapi kita bersambung dulu ya.....😘

Wassalamualaikum 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Thumbnail YouTube ??

Hai... hai... assalamualaikum

Thumbnail YouTube ada yang pernah denger?? 

Klo memang belum yuk baca. Jangan sampai  penasaran apa yang di maksud dengan Thumbnail YouTube ??


Etsss.. tenang aja semua akan di bahas di blog ini. So, jangan berhenti membaca dulu yaaa..
Jadi begini, setiap para vloger akan membuat tampilan Thumbnail  semenarik mungkin gunanya adalah supaya para penikmat YouTube tertarik.

Terus apa aja sih yang harus di lihat dari Thumbnail  itu sendiri??



Thumbnail  jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti  “kuku bagian ibu jari”  .
Dan jika di artinya dalam filosofinya adalah sebuah price gambar di mana gambar tersebut akan mewakili beberapa isinya.



Ini contoh tampilan Thumbnail  dari YouTube pribadi saya. Jangan lupa di like & subcribe “Krucil’s Vlog”. Terus kapan dan berapa lama bikin Thumbnail  begini keren??




Lumayan ya lama sih cuma kalo kita sabar dan teliti cepet kok. Maaf yaa Thumbnail YouTube sangat sederhana sekali. Semoga dengan penjelasan sedikit in…

Gadis kecilku. GITA

Bubu.. mba Gita mau jaga adek Gladysia
Bubu.. mba Gita mau Bobo sama Ade Gladysia


Celotehan mu membuat bubu meleleh. Dan kini kamu sudah besar. Di usia belum genap dua tahun. Terpaksa bubu harus menyapih mba Gita. Sedih dan penuh dengan haru. Itulah mengapa mba Gita lebih pengertian. Menjaga dan menyanyangi adenya. Si gadis kecilku kini ulang tahun. Tiga tahun yang lalu di mana masih terasa rasa sakit melahirkanmu nak.

Perjuangan bubu melahirkan mba Gita adalah hal yang sangat luar biasa. Di mana seorang wanita di uji dengan penuh kesabaran. Tak pernah terbersit dalam pikiran bubu untuk bisa merasakan sakit dua kali. Rasa sakit ketika melahirkan itu merupakan sebuah kematian yang membuat bubu tak kuat merasakannya. Namun, bubu pasrah demi bertemu dengan mba gita.



Di balut dengan dress peach dan mahkota. Kini pesta ulang tahun berlangsung biasa hanya ada bubu, ayah dan kini Ade Gladysia. Dia yang menjadi saksi di mana mba Gita ketika usia 2 tahun tak menemani. Ade Gladysia menjadi tema…

Jalan keluar yuk!

Siapa yang sudah mulai suntuk dan bosan di rumah terus??


Semua orang berhak berkata seperti itu sih, tetapi kita harus sadar akan resiko yang di hadapi. Walaupun di luar tetap jaga kebersihan ya manS semua.


Sudah dengar belum tentang hastag #newnormal??
sebenarnya apa sih yang terjadi di Indonesia ini??

Ada yang tau ngga?

Nah jadi ini  pemerintah sebentar lagi akan membuka semua akses yang tadinya di tutup untuk kembali menjadi kebiasaan yang awal.

Hmm.. maksudnya gimana sih?? Ngga ngerti!!

Tunggu dulu yaa biar di jelaskan dulu nih. 
Jadi, apa yang terjadi di Indonesia selama ini terhadap virus covid-19 ini di lockdwon. Setiap akses Berpergian kita di larang. Itu sebabnya kenapa kita semua harus mengikuti apa yang di lakukan pemerintah harus di ikuti.  Semua kan demi kita juga loh. Nah, kembali ke new normal yang akan di jadikan tajuk pembahasan warga Indonesia. Jadi dengan tema kembali ke awal bukan berarti virus ini pergi loh. Tetapi bisa saja virus ini akan merajalela jika pola hidu…