Langsung ke konten utama

Nasehat Sang Istri

“Menghakimi “

Tak jarang banyak yg bilang. Jgn paksa anak jika blm mau tidur. Segelintir orang berkata kepada saya. Termasuk m***** dia selalu mengucapkan itu berkali-kali. Ingat saya tak pernah memaksa anak untuk tidur. Tetapi, sikap disiplin yang saya terapkan ke anak dalam berbagai hal (makan, minum, mandi) dll. Itu semua sudah menjadi rutinitas pekerjaan domestik ibu.



Jika, mereka mengganggu maka berakibat fatal bagi si empunya. Apakah jadwal itu berlaku jika ayah dari anak-anak ingin bermain??


Iya, tetap berlaku. Saya belajar di ibu profesional sudah menerapkan sikap seperti itu . Apa yang mereka ucapkan tak jarang membuat hati saya kecewa. Terlebih s**** tak mendukung 100% apa yang telah saya buat dalam jadwal domestik. 


Susah memang memberikan jobdesk ke ayahnya. Tak jarang kami ribut dalam hal yang sepele. Tetapi, apa yang saya ributkan itu hal yang membahayakan nyawanya. 
Contoh:
Kebiasaan si ayah menonton lewat media HP. Di lihat oleh sang anak. Apakah si anak tidak berobsesi seperti ayahnya??
Ingat. Anak usia 1-5th dia cenderung mengikuti. Saya garis bawahi MENGIKUTI.

Dan terbukti memang sekarang dia mulai mendekat. Lalu akan menjadi hal yang biasa. KAKU.


Sekarang, siapa yang lebih kaku. Ketika sang anak di biarkan memakan es batu yang itu akan membahayakan dirinya. 
Ah... sudah saya tak mau berpanjang lebar. Satu hal yang ingin saya terapkan adalah pola disiplin anak. Ketika anak sudah mulai masuk kamar bukan berarti dia akan segera di ajak dan suruh tidur (dalam kata kasar). Paksa. Tak pernah ada paksaan. Namun, memang saya katakan anak di usia tolder. Menginjak usia balita akan susah tidur malam. Apakah Ibu marah??


Tidak ada kata marah yg saya ucapkan saat ini. Itu hanya pikiran orang yng kolot saja. Saya menerapkan pola tidur anak. Dengan bercanda dan salah satunya ketika anak sudah mendekati jam tidur. Dan tak mau minum susu apakah saya paksa??
Tentu tidak!!!

Contoh ketika sang anak bosan atau tidak mau lagi minum susu. 



Saya rayu semua bantal dan media apapun saya lakukan. Agar si anak mau bermain sebelum tidur. Ini adalah fase dimana dia mulai mengerti apa itu kata “TIDUR”.
Intinya apa yang saya lakukan salah hal mengerjakan tugas domestik (nyuci, masak, strika, membersemai anak) tidak boleh di ganggu. Karena, akan berdampak pada pola asuh sang ibu kepada anak. Tetapi, bukan meninggalkan peran anda sebagai seorang ayah. 




Tolong untuk para suami di sana. Belajar untuk tidak sibuk dengan kesibukannya sendiri. Lupakan hal-hal yg buruk ketika berada di kantor. Jangan pernah berkata kasar terhadap istri Anda. Sebab, segores apapun dia terluka hatinya. 


Tak akan pernah dia maafkan kecuali dia memiliki hati yang besar untuk memaafkan. Hargai dan bimbing istri dengan sabar. Sama hal nya ia menjaga anak-anak kalian. Jangan pernah salahkan istri jika terjadi sesuatu ke anak. Tapi, ajak lah diskusi dengan dingin tanpa ada sesuatu yang saling menyalahkan. Kalian tak akan bisa membayar dengan harta apapun. Jika ia sudah tiada maka kalian akan merasakan hal yang sangat berdosa. 


Semoga bermanfaat 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jus Buah Dan Sayuran

Hai..assalamualaikum Waktu nya kita sharing tentang kesehatan yuk ah! Siapa yang suka banget jus ?? Semua orang pasti suka banget ya jangan di tanya.  Nah ada sedikit sharing tentang khasiat buah dan sayuran loh! Siapa yang ngga suka sayuran anaknya?? Waaah.. jangan-jangan nanti anaknya mudah sakit loh mom. Yuk kita siasatin bagaimana caranya biar anak mau makan buah dan sayuran. Kita bikin jus aja. Ada resep jus yang di jamin seger banget loh!  Jus mix namanya unik loh !  Jus Orange Seger! Bahan-bahan: 3 tangkai brokoli 1/2 buah pepaya 10 buah anggur 2 buah jeruk  1/2 jeruk lemon  Cara membuat: haluskan semua nya dengan blender tambahkan madu sedikit (tidak pakai juga tidak apa). Saring semuanya dan tambahan perasan air jeruk dan jeruk lemon. Tambahan es batu.  Siapa yang tau khasiat brokoli dalam tubuh banyak banget loh. Ngga percaya nih buktinya  Pertama, Bagus untuk kesehatan Brokoli di percaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Kehilangan Moment Idul Fitri

 Allahuakbar..Allahuakbar.... kumandang takbir bergema di seluruh penjuru negeri. Sehingga tahun ini tidak mengikuti sholat berjamaah di masjid lagi karena pandemi, sejak wabah covid merebak saya menutup diri untuk ke masjid. Karena, khawatir anak-anak menjadi tidak khusyuk dalam sholat nya. Namun, ada kebagaian tersendiri ketika harus bersama anak-anak di rumah, berkumpul dan bermain. Di lebaran tahun ini saya juga menyiapkan seragam yang sama dengan anak-anak. Menyesuaikan warna baju mereka adalah hal yang sulit sebab, sudah habis terjual di online shop. Menunggu lama akhirnya beli yang instan di toko sebelah. Yang penting warna dan ukuran baju anak-anak tersedia sudah cukup. Tinggal saya dan suami yang mencari kembali.  Sebenarnya makna lebaran Idul fitri tidak harus serba baru. Tetapi, sesekali menyesuaikan dengan anak-anak tidak ada salahnya. Toh, ini mumpung ada warna dan ukuran bajunya. Dan alhamdulilah mereka suka berhijab, warna yang kamu pilih biru Navy. Agak gelap tetapi men

Apa Itu Thumbnail YouTube ??

Hai... hai... assalamualaikum Thumbnail YouTube ada yang pernah denger??  Klo memang belum yuk baca. Jangan sampai  penasaran apa yang di maksud dengan Thumbnail YouTube ?? Etsss.. tenang aja semua akan di bahas di blog ini. So, jangan berhenti membaca dulu yaaa.. Jadi begini, setiap para vloger akan membuat tampilan Thumbnail  semenarik mungkin gunanya adalah supaya para penikmat YouTube tertarik. Terus apa aja sih yang harus di lihat dari Thumbnail  itu sendiri?? Thumbnail  jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti  “kuku bagian ibu jari”  . Dan jika di artinya dalam filosofinya adalah sebuah price gambar di mana gambar tersebut akan mewakili beberapa isinya. Ini contoh tampilan Thumbnail  dari YouTube pribadi saya. Jangan lupa di like & subcribe “Krucil’s Vlog”. Terus kapan dan berapa lama bikin Thumbnail  begini keren?? Lumayan ya lama sih cuma kalo kita sabar dan teliti cepet kok. Maaf yaa Thumbnail  YouTube sangat sederhana sekali