Langsung ke konten utama

Making Class with Kid’s- Mini Project

Ini merupakan post 3 tugas di Kelas Orientasi Komunitas Ibu Profesional. Dan ini merupakan uraian tugas yang sudah saya persiapkan untuk anak menjelang   Pre school.



Mulai dari Awal hingga Akhir:


Di masa-masa anak Pre school anak kami sudah  seharusnya di ajarkan di rumah. Menjelang usia tiga tahun saya beralih menjadi guru pendamping si kakak. Ada banyak pembelajaran yang harus di ajarkan. Terlebih lagi hobinya di tambah menjadi penonton sejati. Menonton adalah hal yang saya benci apalagi jika di kasih tontonan YouTube. 


Hal yang sering kita berdua orang tuanya berbeda pendapat. Hal itu lah yang harus saya terapkan untuk menghindari anak dari kesenangannya. Pada awalnya di usia satu setengah tahun dia sudah hapal semua nama binatang, rukun Islam, rukun iman, huruf ijaiyah. Tetapi apa yang saya sudah ajarkan semua sirna sudah.

Dan ini lah  perjuangan yang saya mulai dari awal hingga akhir  saya bisa menyelesaikan semuanya. Sehingga saya tidak ada kekhawatiran dalam menyerahkan anak ke dunia sekolah. Sebab, apa yang sudah di ajarkan semua ada dalam rekapan yang sudah di kumpulan.

Nah, pada project kali ini di buat gampang, tidak ribet. Karena judulnya mini project jadi kita buat semua adalah kegiatan bermain yang fun.


Bersama anak yang jam waktunya banyak terkadang waktu dua puluh empat jam saja di rasa kurang. Karena tugas domestik ibunya. Sehingga terkadang saya lupa untuk membersemai si kakak.  Untuk itu, tugas ini membangkitkan semangat saya untuk lebih dekat lagi dengan si kakak.

     Penjelasan Project:

  1. Judul  : Making Class With Kid’s
  2. Deskripsi Project : Membuat pengenalan belajar di rumah (menggunakan bahan-bahan yang biasa di gunakan di sekolah pada umumnya). 
  3. Kebutuhan/ Susunan Tim : Ayah (Pengamat), Bubu ( Saya sebagai guru pendamping sekaligus dokumentator), Anak ( Sasaran / menjadi peserta)
  4.  Sasaran : Anak kami Perempuan (usia 35 bulan)
  5. Waktu : Selasa, 06 April 2020-10 April 2020  ( dilaporkan pada 12 April 2020)
  6. Tempat :  Di rumah saja
  7. Estimasi dana : Dua puluh ribu rupiah 
  8. Bahan-bahan : Kertas warna, Clear holder ( mengumpulkan hasil karya ) , lem kertas. 
  9. Parameter keberhasilan : Anak terlihat mengikuti dan bersemangat



Gambar di atas sedang menempel “rumah yang terbuat dari kertas warna”

Caranya bagaimana :

  1. Gunting semua bahan-bahan yang sudah di buat pola sebelumnya. (Tidak di biarkan sang anak untuk menggunting sendiri) 
  2. Siapkan pola yang sudah di gunting terdiri dari (awan, matahari, pohon apel, segitiga atap rumah, pagar, pintu dan jendela)
  3. Siapkan kertas A4 
  4. Siapkan lem kertas
  5. Di lem semua sesuai instruksi 





Gambar diatas merupakan anak untuk melatih mandiri “mengelem bentuk bangunan”

Caranya bagaimana:
  • Siapkan pola 
  • Siapkan kertas A4
  • Siapkan lem kertas
  • Di lem semua sesuai instruksi







Caranya bagaimana : 
  • Siapkan print puzzel huruf hijaiyah
  • Siapkan papan kosong untuk di tempel di tembok
  • lakban coklat
  • Double tape




Gambar di atas “Proses Akhir Tempel Puzzel Huruf Hijaiyah”


Jika sudah banyak hasil pembelajaran maka saya bertugas untuk mengumpulkan di satu file bernama “Clear holder”. Seperti  ini proses akhirnya di map ini adalah semua karya yang di hasilkan anak kami si kakak. 
Demikian mini-project yang saya buat dan dilaksanakan dengan sangat sederhana.Namun, insyalloh sudah mengikuti pola yang ada di sekolah. Bahagia rasanya melihat si kakak sangat bahagia bermain tetapi itu bagian dari proses pembelajaran. Semoga laporan hasil mini-project ini di terima. đŸ˜‰ 

-Terima kasih-
PrrPrescollPreschool. Prescool

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jus Buah Dan Sayuran

Hai..assalamualaikum Waktu nya kita sharing tentang kesehatan yuk ah! Siapa yang suka banget jus ?? Semua orang pasti suka banget ya jangan di tanya.  Nah ada sedikit sharing tentang khasiat buah dan sayuran loh! Siapa yang ngga suka sayuran anaknya?? Waaah.. jangan-jangan nanti anaknya mudah sakit loh mom. Yuk kita siasatin bagaimana caranya biar anak mau makan buah dan sayuran. Kita bikin jus aja. Ada resep jus yang di jamin seger banget loh!  Jus mix namanya unik loh !  Jus Orange Seger! Bahan-bahan: 3 tangkai brokoli 1/2 buah pepaya 10 buah anggur 2 buah jeruk  1/2 jeruk lemon  Cara membuat: haluskan semua nya dengan blender tambahkan madu sedikit (tidak pakai juga tidak apa). Saring semuanya dan tambahan perasan air jeruk dan jeruk lemon. Tambahan es batu.  Siapa yang tau khasiat brokoli dalam tubuh banyak banget loh. Ngga percaya nih buktinya  Pertama, Bagus untuk kesehatan Brokoli di percaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Apa Itu Thumbnail YouTube ??

Hai... hai... assalamualaikum Thumbnail YouTube ada yang pernah denger??  Klo memang belum yuk baca. Jangan sampai  penasaran apa yang di maksud dengan Thumbnail YouTube ?? Etsss.. tenang aja semua akan di bahas di blog ini. So, jangan berhenti membaca dulu yaaa.. Jadi begini, setiap para vloger akan membuat tampilan Thumbnail  semenarik mungkin gunanya adalah supaya para penikmat YouTube tertarik. Terus apa aja sih yang harus di lihat dari Thumbnail  itu sendiri?? Thumbnail  jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti  “kuku bagian ibu jari”  . Dan jika di artinya dalam filosofinya adalah sebuah price gambar di mana gambar tersebut akan mewakili beberapa isinya. Ini contoh tampilan Thumbnail  dari YouTube pribadi saya. Jangan lupa di like & subcribe “Krucil’s Vlog”. Terus kapan dan berapa lama bikin Thumbnail  begini keren?? Lumayan ya lama sih cuma kalo kita sabar dan teliti cepet kok. Maaf yaa Thumbnail  YouTube sangat sederhana sekali

Kehilangan Moment Idul Fitri

 Allahuakbar..Allahuakbar.... kumandang takbir bergema di seluruh penjuru negeri. Sehingga tahun ini tidak mengikuti sholat berjamaah di masjid lagi karena pandemi, sejak wabah covid merebak saya menutup diri untuk ke masjid. Karena, khawatir anak-anak menjadi tidak khusyuk dalam sholat nya. Namun, ada kebagaian tersendiri ketika harus bersama anak-anak di rumah, berkumpul dan bermain. Di lebaran tahun ini saya juga menyiapkan seragam yang sama dengan anak-anak. Menyesuaikan warna baju mereka adalah hal yang sulit sebab, sudah habis terjual di online shop. Menunggu lama akhirnya beli yang instan di toko sebelah. Yang penting warna dan ukuran baju anak-anak tersedia sudah cukup. Tinggal saya dan suami yang mencari kembali.  Sebenarnya makna lebaran Idul fitri tidak harus serba baru. Tetapi, sesekali menyesuaikan dengan anak-anak tidak ada salahnya. Toh, ini mumpung ada warna dan ukuran bajunya. Dan alhamdulilah mereka suka berhijab, warna yang kamu pilih biru Navy. Agak gelap tetapi men