Langsung ke konten utama

Making Class with Kid’s- Mini Project

Ini merupakan post 3 tugas di Kelas Orientasi Komunitas Ibu Profesional. Dan ini merupakan uraian tugas yang sudah saya persiapkan untuk anak menjelang   Pre school.



Mulai dari Awal hingga Akhir:


Di masa-masa anak Pre school anak kami sudah  seharusnya di ajarkan di rumah. Menjelang usia tiga tahun saya beralih menjadi guru pendamping si kakak. Ada banyak pembelajaran yang harus di ajarkan. Terlebih lagi hobinya di tambah menjadi penonton sejati. Menonton adalah hal yang saya benci apalagi jika di kasih tontonan YouTube. 


Hal yang sering kita berdua orang tuanya berbeda pendapat. Hal itu lah yang harus saya terapkan untuk menghindari anak dari kesenangannya. Pada awalnya di usia satu setengah tahun dia sudah hapal semua nama binatang, rukun Islam, rukun iman, huruf ijaiyah. Tetapi apa yang saya sudah ajarkan semua sirna sudah.

Dan ini lah  perjuangan yang saya mulai dari awal hingga akhir  saya bisa menyelesaikan semuanya. Sehingga saya tidak ada kekhawatiran dalam menyerahkan anak ke dunia sekolah. Sebab, apa yang sudah di ajarkan semua ada dalam rekapan yang sudah di kumpulan.

Nah, pada project kali ini di buat gampang, tidak ribet. Karena judulnya mini project jadi kita buat semua adalah kegiatan bermain yang fun.


Bersama anak yang jam waktunya banyak terkadang waktu dua puluh empat jam saja di rasa kurang. Karena tugas domestik ibunya. Sehingga terkadang saya lupa untuk membersemai si kakak.  Untuk itu, tugas ini membangkitkan semangat saya untuk lebih dekat lagi dengan si kakak.

     Penjelasan Project:

  1. Judul  : Making Class With Kid’s
  2. Deskripsi Project : Membuat pengenalan belajar di rumah (menggunakan bahan-bahan yang biasa di gunakan di sekolah pada umumnya). 
  3. Kebutuhan/ Susunan Tim : Ayah (Pengamat), Bubu ( Saya sebagai guru pendamping sekaligus dokumentator), Anak ( Sasaran / menjadi peserta)
  4.  Sasaran : Anak kami Perempuan (usia 35 bulan)
  5. Waktu : Selasa, 06 April 2020-10 April 2020  ( dilaporkan pada 12 April 2020)
  6. Tempat :  Di rumah saja
  7. Estimasi dana : Dua puluh ribu rupiah 
  8. Bahan-bahan : Kertas warna, Clear holder ( mengumpulkan hasil karya ) , lem kertas. 
  9. Parameter keberhasilan : Anak terlihat mengikuti dan bersemangat



Gambar di atas sedang menempel “rumah yang terbuat dari kertas warna”

Caranya bagaimana :

  1. Gunting semua bahan-bahan yang sudah di buat pola sebelumnya. (Tidak di biarkan sang anak untuk menggunting sendiri) 
  2. Siapkan pola yang sudah di gunting terdiri dari (awan, matahari, pohon apel, segitiga atap rumah, pagar, pintu dan jendela)
  3. Siapkan kertas A4 
  4. Siapkan lem kertas
  5. Di lem semua sesuai instruksi 





Gambar diatas merupakan anak untuk melatih mandiri “mengelem bentuk bangunan”

Caranya bagaimana:
  • Siapkan pola 
  • Siapkan kertas A4
  • Siapkan lem kertas
  • Di lem semua sesuai instruksi







Caranya bagaimana : 
  • Siapkan print puzzel huruf hijaiyah
  • Siapkan papan kosong untuk di tempel di tembok
  • lakban coklat
  • Double tape




Gambar di atas “Proses Akhir Tempel Puzzel Huruf Hijaiyah”


Jika sudah banyak hasil pembelajaran maka saya bertugas untuk mengumpulkan di satu file bernama “Clear holder”. Seperti  ini proses akhirnya di map ini adalah semua karya yang di hasilkan anak kami si kakak. 
Demikian mini-project yang saya buat dan dilaksanakan dengan sangat sederhana.Namun, insyalloh sudah mengikuti pola yang ada di sekolah. Bahagia rasanya melihat si kakak sangat bahagia bermain tetapi itu bagian dari proses pembelajaran. Semoga laporan hasil mini-project ini di terima. đŸ˜‰ 

-Terima kasih-
PrrPrescollPreschool. Prescool

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Hand & Body Lotion Prospero

 Haii sudah weekend aja nih, gimana di rumah aja tetap harus wangi donk. Seneng akhirnya bisa dapat produk dari  Prospero whitening Hand & Body Lotion .  Produk Body lotion dari Prospero ini “The Real Whitening Hand &Body  ini aman di pakai untuk bumil dan busui juga loh! Kalian Penasran nih aku kasih liat deh bocoran potong produknya. Please jangan di skip!!! Aku rekomendasikan produk ini karena Lotion dengan aroma memikat untuk membantu menjaga kelembaban serta mencerahkan kulit. Liat nih aku kasih ya cara pakai dan juga before dan after nya  Gambar 1:  Di oleskan ke tangan secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.... Gambar 2: Terlihat kan yang cerah mana? Setelah pakai whitening hand & body lotion Prospero ini bagus banget putihnya alami. Aku jatuh  cinta banget sumpah karena selain wanginya yang seperti parfum.  Dan ini juga tahan lama loh! Terdapat beberapa kandungan di dalamnya : ✅ Glutathione ✅ vitamin E  ✅ Licorice  ✅ Niacinamide  Akhirnya aku bisa pakai

Perayaan Wardah Beauty Fest 2020

Haii.. Assalamu’alaikum gaessss... Kemarin aku nonton product launching wardah loh di Wardah Fest Beauty 2020 .Acaranya berlangsung selama dua hari dari tanggal 03-04 oktober 2020. Wardah merupakan salah satu brand yang sudah sangat terkenal cukup lama. Dan dulu pertama kali aku memakai rangkaian product wardah yang Acne series, semuanya aku suka dan sekarang setelah menikah dan memiiki dua orang putri tetap setia deh. Saat remaja wajah aku penuh dengan jerawat parah dan pada saat itu saya mencoba pakai Acne series pokoknya wardah the best lah! Tahun ini, Wardah Cosmetic yang di besarkan oleh      Nurhayati Subakat genap beursia 25 tahun. Di rangkaian puncak acara perayaan tahun ini mengusung tema "Cantikmu Siap Hadapi Dunia".Sebagai pelopor kosmetik lokal wardah menyelengarakan Wardah Beauty Fest secara virtual dan dapat di saksikan secara gratis!!! melalui website 25tahun.wardah.com Wardah Beauty Fest mengahdirkan beragam acra diantaranya Talkshow  bersama perempuan isnpira

Menuju Mombassador SGM

Haii... haiii... hari ini ini beneran Happy banget deh! Karena apa?? Iyes,, aku berhasil melewati selesai lolos menjadi mombassador tahap pertama. Ada banyak kisah di perjalanan ketika mendaftar dan di sini aku bakalan jelaskan yaa.. jadi please banget baca tulisan aku sampai akhir yaa!! Jadi, saat lagi scroll IG ada pemberitahuan dari IG teman yang sebelumnya menjadi momabbasador SGM dan kalian tau apa? Batas pendaftaran hari itu juga. Panik??? Panik lah masa Ngga!!! Sedikit ngga yakin apakah akan lolos yaa?? Tapi, biarlah semua pasrah aja. Semua serahkan kepada Alloh SWT. Yang penting kembali lagi dari semua ini adalah NIAT .  Karena, semua yang di lakukan dengan di mulai niat maka insyalloh Alloh SWT akan memudahkan semuanya. Alhamdulilah LOLOS tahap pertama. Seketika terkejut liat WhatsApp nomor aku di tambahkan di grup lolos menjadi Momsabbasador SGM 1+ senang dan pastinya bahagia, bangga, ternyata doa di kabulkan.  Kalian penasaran kan apa aja sih yang pertama aku lakukan?? Yap,